SMPN 2 Bambanglipuro

Plebengan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul

BeritaKegiatan Sekolah

SEKOLAH AMAN BENCANA

Pada hari Rabu, 25 Januari 2023, SMPN 2 Bambanglipuro melakukan kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mengadakan Workshop SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana). Apa itu SPAB? Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) adalah Satuan Pendidikan (SP) yang menerapkan standar sarana dan prasarana serta budaya yang mampu melindungi warga Satuan Pendidikan dan lingkungan di sekitarnya dari bahaya bencana.

Terdapat tiga pilar utama Satuan Pendidikan Aman Bencana yaitu Fasilitas Sekolah Aman, Manajemen Bencana di Sekolah dan Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana. Ada pun terkait tiga pilar utama Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) tersebut terkait dengan Perawatan gedung, Mitigasi non-struktural, Keselamatan terhadap kebakaran, Rencana kesiapsiagaan bencana di tingkat keluarga, Rencana reunifikasi keluarga, Latihan (Simulasi) sekolah, Pendidikan akan keamanan struktural; selanjutnya Konstruksi sebagai peluang pendidikan, Analisis sektor pendidikan, Kajian risiko multi bahaya dan Kajian dan perencanaan yang berpusat pada anak.

Diskusi Peserta WorkshopKegiatan Workshop SPAB diikuti oleh para guru dan tenaga kependidikan SMPN 2 Bambanglipuro. Workshop SPAB dibuka oleh Kepala Bidang Dikpora Kabupaten Bantul, Retno Yuli Astuti, M.Pd, MA dan direncanakan 10 kali pertemuan. Sementara pembukaan Workshop dilaksanakan di pendopo sekolah, sementara untuk kegiatan selanjutnya dilaksanakan di ruang baca perpustakaan. Semoga dengan workshop SPAB ini memberi manfaat warga sekolah untuk mengenali ancaman bencana dan langkah-langkah antisipasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *