SMPN 2 Bambanglipuro

Plebengan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul

BeritaKegiatan SekolahUncategorized

SMPN 2 BAMBANGLIPURO SUKSES SELENGGARAKAN PEMILOS

Kepala Sekolah memberikan sambutan saat Pemilos

Nilai demokrasi adalah salah satu praktik penting dalam perwujudan nilai Pancasila. Semua pihak mulai dari para pejabat hingga rakyat akar rumput, dan instansi mulai dari lembaga tinggi negara hingga instansi-instansi daerah memang seharusnya menerapkan dan memupuk nilai demokrasi. Salah satu yang memiliki tanggungjawab menenanamkan nilai demokrasi dari dini adalah instansi pendidikan dalam hal ini sekolah. SMPN 2 Bambanglipuro sebagai salah satu instansi pendidikan dibawah naungan dinas pendidikan tentunya ikut berpartisipasi dalam hal tersebut.

SMPN 2 Bambanglipuro turut berpartisipasi dalam ajang pesta demokrasi siswa dalam wujud kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos). Kegiatan Pemilos diselenggarakan secara serentak se-Kabupaten Bantul dengan kerjasama Dikpora dengan KPU Bantul. Pemilos diikuti SMP-sederajat dan SMA-sederajat se-Kabupaten Bantul. Berbeda dari tahun sebelumnya yang menggunakan sistem online, pemilos tahun ini menggunakan sistem pemilihan langsung seperti pemilu pada umumnya. Pemilos diselenggarakan serentak pada tanggal 2 September 2024 di TPS (sekolah) masing-masing. Untuk pemilos tahun ini, SMPN 2 Bambanglipuro menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua, sekretaris, dan bendahara OSIS dengan masing-masing diikuti 5 pasangan calon. Pemilos SMPN 2  Bambanglipuro digelar di pendopo sekolah dan juga merupakan gelar karya P5 untuk tema suara demokrasi.

Monitoring dari PPK dan PPS Bambanglipuro

Pemilos 2024 diawali dengan pembukaan serentak secara hybrid oleh Bupati Bantul, Bapak Abdul Halim Muslih, Selanjutnya tiap TPS melanjutkan dengan kegiatan sumpah KPPS dan pembukaan kotak suara yang berisi surat suara dan kelengkapan lainnya. Setelah semua siap kegiatan pemungutan suara dimulai. Setiap siswa mengikuti alur pencoblosan di dalam TPS mulai dari registrasi dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), menunggu antrian, mengambil surat suara lalu memasuki bilik suara untuk mencoblos, memasukkan surat suara ke kotak suara yang telah ditentukan hingga mencelupkan jari ke dalam tinta sebagai tanda sudah memberikan hak suaranya. Seluruh siswa nampak antusias mengikuti pemilos secara langsung ini.

Setelah selesai pemungutan suara, kegiatan dilanjutkan dengan penghitungan suara. Seluruh siswa SMPN 2 Bambanglipuro mulai dari kelas 7 hingga kelas 9 secara langsung melihat dan menjadi saksi perhitungan suara tahun ini. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh suara terbanyak untuk paslon nomor 1 yaitu Syafiq dan Agung. Selanjutnya rekap hasil Pemilos tahun ini dilaporkan secara online melalui aplikasi EVOSS KPU Bantul.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *